Resep Keluarga Rustanto

Ikan Acar Kuning

IMG_20160813_192022
Ikan Mackerel (tenggiri) bumbu acar kuning

Masakan ini salah satu masakan mamah yang saya suka. Favorit deh. Well apa sih yang saya tidak suka hehehe. Dulu waktu masih di Indonesia, saya pernah berusaha memasak ini sendiri, dan hasilnya owh tentu saja tidak enyaaaaak hahaha. Waktu itu saya pakai ikan bandeng. Dan memang mamah selalu menggunakan ikan bandeng untuk ikan acar kuning ini.

Waktu dulu itu sepertinya sih terlalu banyak bawang putih, jadi pengar baunya. Naaah waktu pulang ke Indonesia bulan Agustus 2015 lalu, mamah masak ini dong di rumah, ternyata Farza sukaaa banget. Tapi sekembalinya kita ke Enschede saya malah lupa kalau Farza suka masakan ini.

Saya baru membuat dan uji coba masakan ini minggu lalu, itu karena Pak Suami dan saya mencari ide, masakan ikan apa yang enak tapi tanpa cabai. Lah Pak Suami malah ingat, bikin acar kuning ajah! Well, yah sebenarnya tetap pakai cabai sih, tapi kan cabai besar dan hanya diiris, jadi tidak pedas sama sekali. Jadilah Sabtu lalu saya beli ikan mackerel di open markt dan dimasak bumbu acar kuning. Dan hari ini saya membuat lagi untuk kedua kalinya dengan menggunakan fillet ikan tuna. Ah ternyata enakan ikan mackerel (tenggiri). Kalau fillet tuna, asa susah dibikin kering dan kriuk.

IMG_20160818_121648
Ini adalah yang menggunakan fillet tuna

Dan berikut adalah resepnya.

Ikan Bumbu Acar Kuning by KeluargaRustanto

Bahan:

  • 2 ekor ikan mackerel ukuran besar, dipotong jadi 4 bagian, direndam dengan air jeruk nipis dan 1 sdm garam. Kemudian di goreng kering.
  • ± 200 ml air

Bumbu dihaluskan:

  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah kemiri
  • 1 cm jahe
  • 1 sdm merica bubuk

Bumbu tambahan:

  • 1 buah cabe merah besar, diiris serong
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 sdm cuka masak (atau bisa diganti dengan air perasan jeruk nipis/lemon)
  • Garam dan gula secukupnya

Cara:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukan cabe merah iris dan daun jeruk. Aduk-aduk rata. Tambahkan air 200 ml. Masak hingga mendidih.
  2. Masukan garam dan gula.Kalau saya nih, garam nya 1/2 sdm dan gulanya 1 sdm. Tapi sesuai selera masing-masing aja ya.
  3. Masukan ikan. Aduk rata dengan bumbu. Biarkan sampai air berkurang dan agak mengental. Masukan cuka masak/perasan air jeruk nipis. Aduk rata. Tunggu ± 5 menit. Matikan api. Angkat. Siap disajikan. Yummy

And that’s it, Ikan Bumbu Acar Kuning ala Keluarga Rustanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s