Ibu Arin, Jalan-jalan

Freezing cold in Wroclaw

20352_235546136621_1382166_n

Ini adalah perjalanan saya di awal tahun 2010. Tahun baruan! Ah gaya benar yah saya tahun baruan aja jalan-jalan sampai Wroclaw.. hehe duluuuu ini mah duluuuu.. jaman masih single nan gaya jadi master student di Enschede, Belanda. Dulu, saya punya catatan di setiap tempat yang saya kunjungi, pun beserta bukti entah itu tiket pesawat, tiket bis atau tiket apaan aja deh. Plus saya selalu membeli buku tentang tempat yang saya kunjungi tersebut. Dan hmmm sekarang entahlah semua itu ada di mana huhuhu. Tapi yah dari pada tidak terdokumentasikan, mendingan ditulis aja deh.

Oke kembali ke Wroclaw.

Wroclaw? okeh pasti akan banyak yang mengerutkan kening! nama apaan tuh? makanan? 🙂 it was my first impression as well.. I never knew that there is a city name WROCLAW exist in the world 😉  Internet may say that Wroclaw is the fourth biggest city in Poland, and the local people may say it’s a dwarf city, but i would say, it’s the north pole of Poland.. it was freaakiiiiing coooooold!!!! no, more than cold, it’s freezing!

Emang yah kalau mau diinget-inget mah perjalanan ini aneh banget-bangetan. Awalnya saya merencanakan untuk ke Itali, dan memang kesana sebelum ke Wroclaw ini, yaitu ke Venice, Pisa dan Roma. Nah salah satu teman dalam perjalanan ini mengusulkan, eeh eeh ada promo tuh dari RyanAir buat tujuan Roma to Wroclaw, yuk yuk kesana.. Awalnya saya ragu-ragu, euleuh ngapain juga winter ke Polandia, meuni dingin atuhlah ya. Tapi dia ini ngotot. Ya udahlah akhirnya kita semua setuju. Bolehlah ke Polandia. Lumayan nambah jejak kaki di Eropah ini. Eeeeh pas mendekati hari H si yang punya usul malah batal gak jadi ikutan.. halaah pikasebeulen!! hrrrrrr.. Tapi gimana dong ya, ya udahlah maju terus pantang mundur.

Akhirnya ya, setelah kita di Itali nan sejuk, maka mendaratlah kita di Wroclaw, disambut dengansalju nan dingin. Saljunya sih tampak tidak tebal, tapi Gusti Allah duingiiinnyaa. Dari bandara kita masih harus naik bis untuk menuju kotanya. Dan menunggu bis nya lamaaaaa. Ouw kita ketemuan dulu sama temannya teman nih yang gabung ama kita di Wroclaw ini. Kita ketemuan di stasiun kereta. Alhamdulillah ketemu. Naaah abis itu kita dong rusuh bin riweuh mencari alamat tempat kita menginap. Padahal mah pas udah ketemu gampaaang banget. Cuma awalnya gak keliyatan aja, karena kita udah kedinginan, jadi gak konsen.

20352_235546091621_4542530_n

Malamnya dua teman saya ini jalan-jalan ke centrum nya untuk melihat perayaan tahun baru. Saya? di hostel aja dong. Menangis meraung-raung. Menyesali perjalanan ke Wroclaw ini. Kenapa? karena sebenarnya saya cuma mau sampai Itali saja. Saya tegang karena lagi sambil ngerjain thesis. Huhuhu galau deh pokoknya. Tapi terus akhirnya saya ketiduran. Dan ketika bangun pagi, alhamdulillah lumayan segar.

Trus dong kita bertiga clueless gitu keliling kota Wroclaw ini. Dan yang bikin emejing mah ya, gak ada orang loooh! Serius, sepiiiiiii banget. Tapi menurut seorang pelayan restoran yang kita datangi, soalnya semalem kan pesta tahun baru, dan siang itu tahun baru, jadi semua orang bangun siang, dan segala toko tutup. Yo wes lah gak apa-apa. Kita mah popotoan aja. Bagus juga sih kotanya. Kuno gitu.

 

 

Bisa dilihat kan dari beberapa foto di atas. Sepi banget kan. Padahal itu jam 12an siang loh. Nah baru malamnya kami terbang lagi menggunakan Ryanair dari Wroclaw ke Dusseldorf Baru dari Dusseldorf naik kereta untuk kembali ke Enschede di Belanda.

Emaaang panjang pisan kan perjalanannya. Melelahkan.

Nah di bandara di Wroclaw ini saya mengalami hal yang sangat tidak mengenakan. Jadiii ketika pemeriksaan, para petugas di bandaranya meminta saya untuk membuka kerudung. Ooooooh. Saya cukup tenang sih, karena dulu saya sudah pernah mengalaminya waktu di bandara Barcelona, Spanyol. Tapi ternyata pas di sini petugasnya ngotot. Dan mereka tidak bisa berbahasa inggris. Horor banget deh. Semuanya marah-marah dan menunjuk muka saya, duh jadi tontonan bangets. Padahal saya sudah bilang, saya bersedia membuka kerudung, tapi di ruangan tertutup. Eh eh bukannya mereka ngerti ya, yang ada malah memanggil petugas keamanan bandara yang notabene kayak tentara semua. Huwaaaaa. Sebenarnya saya sudah takut banget, mau pingsan aja rasanya.

Akhirnya saya diperiksa oleh petugas keamanan yang perempuan. Dia periksa setiap jengkal dari badan saya. eaaaaa. Trus yah, tas saya dibongkar semua, setiap benda dan barang dikeluarkan satu persatu. Hadeuuuh. Rasanya saya pengen nyolot bangeeets. Mau lo apa sih? Huuhuhu. Tapi apa daya, mereka aja gak ngerti saya ngomong apa, saya pun tidak mengerti mereka ngomong apa. Alhamdulillah setelah rusuh bin ruwet selama kurang lebih 1 jam, saya pun boleh memasuki ruang tunggu. Dan tentu saja dengan ditatap oleh seluruh penumpang pesawat. Huuhuhuhu.

Oh dan kedua teman saya, mereka hanya bisa bengong dan berusaha untuk tidak panik.

Singkat cerita, akhirnya terbanglah kita, alhamdulillah safely landed di Dusseldorf. Daaan ternyata kita menunggu kereta dengan beberapa orang dari penumpang pesawat tadi. Mereka adalah tiga orang laki-laki yang ternyata berkebangsaan Azerbaijan. Dan mereka muslim. Mereka tadi menonton drama saya di pemeriksaan bandara. Dan mereka mengatakan kepada saya: how brave you are to admit that you are a muslim by wearing your headscarf, because in Wroclaw, it is better that you hide it, it is better that none knows that you’re a muslim.

Dan saya pun speechless.

Oh belum selesai nih dan akhirnya saya pun sampai Enschede lagi, jam berapa coba? jam 3 pagi! Daan sepeda sayah HILANG! (well, padahal itu sepeda pinjaman pula). Lengkap sudah! Nangis deh pokoknya. Trus jalan kaki dong jadinya dari stasiun sampai apartemen, tepatnya sih lari. Takuuuut.

Yah begitulah sekelumit perjalanan singkat saya di Wroclaw. Alhamdulillah menambah pengalaman hidup dan jejak langkah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s