Resep Keluarga Rustanto

Bolu Karamel – Bolu Sarang Semut

Waktu saya kecil, seingat saya namanya bolu sarang semut. Biasanya ini sering ada di snack box bawaan papah atau mamah ketika habis rapat RT atau rapat di kantor. Enyaaak bangets. Tapi seiring saya besar, asa lupa deh sama bolu manis legit ini. Kayaknya udah lama banget gak pernah makan.

Tetiba waktu di Enschede ini ada satu teman yang datang ke rumah, dan mengajak bikin bolu sarang semut ini, dia menyebutnya bolu karamel. Aaah ternyata gampang banget bikinnya. Super sipirili! Naaah setelah setahunan lewat semenjak bikin bolu karamel bersama itu, eh ada yang mau pesan ke saya. Waah udah lupa tuh cara dan resepnya.

Akhirnya googling lah saya di internet. Mendaratlah di resep bolu ini di ordinary kitchen. Setelah saya praktekan, dari resep ini hasilnya tidak lembab, cenderung agak kering dan kurang manis. Kalau agak kering dan tidak lembab ini, apa saya yang saat manggang terlalu lama dan pintu oven terlambat di buka, atau memang menteganya kurang, saya bingung juga sih awalnya. Kemudian kalau kurang manis, tampaknya memang gula pasir Belanda ini tidak semanis gula manis di Indonesia, jadi memang harus ditambah takarannya. Begitu pula dengan susu kental manisnya.

Akhirnya percobaan kedua, saya modifikasi resepnya. Alhamdulillah rasanya seperti dalam kenangan kecil saya, manis, lembut, lembab dan manis legit.

Dan berikut adalah resepnya.

Bolu Sarang Semut (Bolu Karamel) ala Keluarga Rustanto

Bahan untuk sirup karamel

  • 500 gr gula
  • 400 ml air
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun pandan

Cara:

  1. Masukan gula ke dalam panci, panaskan hingga meleleh dengan menggunakan api sangat kecil. Tunggu hingga gula meleleh merata, jaga sampai gosong.
  2. Rebus air di tempat terpisah. Setelah mendidih, masukan ke dalam gula yang telah meleleh. Ketika memasukan air mendidih ini, gula haruslah sudah meleleh dengan rata ya. Hati-hati ya ketika memasukan air mendidih ini ke dalam capuran gula, agak sedikit meletup-letup.
  3. Setelah air dan gula dicampur, didihkan kembali hingga gula benar-benar larut, dan masukan daun jeruk dan pandan.
  4. Saring dan takar menjadi 400 ml air karamel. Sisihkan terlebih dahulu hingga dingin.

Bahan Bolu Sarang Semut

  • 5 butir telur
  • 120 gr tepung terigu
  • 200 ml susu kental manis
  • 200 gr mentega –> lelehkan, dinginkan
  • 1 sdm baking soda

Cara:

  1. Panaskan oven dengan suhu 180′ C.
  2. Untuk loyang, saya menggunakan loyang loaf (entah ukuran berapa haha), saya oles sedikit dengan mentega dan ditabur tipis dengan tepung terigu.
  3. Masukan telur dalam baskom besar, kocok lepas.
  4. Masukan secara bergantian antara tepung terigu dan air karamel. Aduk terus hingga tepung tidak bergerindil dan adonan licin halus.
  5. Masukan susu kental manis.
  6. Masukan mentega leleh. Aduk rata.
  7. Masukan baking soda.
  8. Masukan ke dalam loyang. Panggang selama 45 menit. Nah setelah 20 menit pertama, buka pintu oven sedikit, dan ganjal dengan kain agar tetap terbuka. Kemudian lanjutkan memanggang hingga matang.

Jangan heran ya, adonan ini sangat cair.

Selamat mencoba!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s