Budget Life, Enschede

Fietskar

 

 

Buat saya dan suami, ini adalah salah satu barang yang wajib kita punya di Belanda ini. Kenapa? Karena kita tidak ada budget untuk membeli mobil di sini ๐Ÿ˜š.ย Namun di Belanda ini, wabil khusus di Enschede ini, tidak mempunyai mobil alhamdulillah bukan masalah sama sekali. Hampir semua tempat bisa kita jangkau within cycling distance dan walking distance. Pun public transportation nya oke banget. Bis dan kereta tentu saja juga sangat terjadwal.

Jadi ketika kita adalah keluarga dengan anak balita namun tidak memiliki budget untuk membeli mobil, maka salah satu yang bisa kita utamakan dalam kenyamanan mereka ketika bepergian (jarak dekat lah ya, seputaran Enschede) adalah dengan menggunakan fietskar ini ^_^.

Apa sih fietskar?

Saya dan anak-anak menyebutnya gerobak. Hehe. Jenis fietskar yang saya miliki adalah jenis yang bisa menampung dua anak toddler dan juga ada bagasi untuk barang di belakangnya.ย Fietskar ini ada pengaitnya yang disambungkan ke sepeda, dan juga ada pengamannya yang harus dikaitkan pula di sepeda.

Fietskar ini jenisnya banyak sekali, ada yang untuk satu anak, ada yang untuk bayi, ada yang bisa dijadikan kereta dorong daaan bahkan ada yang khusus untuk guguk ๐Ÿ˜ช.

Serunya punya fietskar ini, anak-anak bisa makan dan bisa tidur santai. Dan juga karena penutupnya anti air, maka ketika hujan mereka pun terlindung dari hujan. Dan tentu saja juga terlindung dari angin dingin dan salju ketika musim dingin tiba โค

Ouh dan tentu sajah sangat bermanfaat buat saya dan Paksuami untuk berbelanja, ketika belanjaan banyak dan berat, nah fietskar inilah solusinyaย โค

wp-image-911744016jpg.jpg
Having their “real lunch alias mamam nasi” in fietskar, on the way back home from school

Beli dimana?

Saya beli fietskar ini di maarkplats, fietskar bekas dengan harga 40 euro saja ๐Ÿ˜‰. Alhamdulillah awet hingga sekarang. Nah Paksuami mengganti pengaitnya dan juga menambah asesorisnya, yaitu ditambahkan bendera. Membeli pengait dan benderanya ini online, nanti yah saya tanyain dulu ke Paksuami apa ya situsnya.

Bagaimana cara menggunakannya?

Sebenarnya biasa saja caranya dan cukup mudah. Kaitkan pengaitnya ke sepeda, pastikan terkait dengan kuat. Kaitkan kunci pengamannya. Dan siap digunakan.

Nah ketika mengendarai sepeda dengan membawa fietskar ini memang harus hati-hati ya, kita harus cek jarak kanan kiri kita, karena kan fietskar ini lebar yah. Kemudian ketika berbelok, utamanya di jalan sepeda yang kanan kirinya ada trotoar, kita harus hati-hati dan pastikan ketika berbelok kita tidak menabrak trotoarnya.

Ini cerita pengalaman kita ya, jadi dulu tahun 2014 ketika pertama kali menggunakan fietskar ini untuk jalan-jalan sama anak-anak ke centrum, Paksuami ketika berbelok menabrak trotoar, sehingga salah satu roda fietskar naik ke atas trotoar. Dan gelimpanglah itu fietskar. Ina yang berada di sisi kanan, tertimpa adek nya dan kepala Ina membentur trotoar di sisi sebelah kanan. Horor! ย Mata dan pelipis Ina bengkak dan memar. ย Such an experience!

Kekurangan dari fietskar kalau menurut saya hampir tidak ada, kecuali saya harus memasang dan melepasnya setiap saat ketika akan digunakan dan selesai digunakan.. hehe males banget kadang-kadang๐Ÿ˜‚

Jadi fietskar ini bisa menjadi solusi oke ketika kita tidak mempunyai budget untuk membeli mobil, namun tetap ingin mengutamakan kenyamanan anak-anak. ย #tringย โค


Advertisements

2 thoughts on “Fietskar”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s