Jalan-jalan, The moments

Madurodam!

5Ini adalah jalan-jalan kita saat menjelang akhir musim panas. Hmm bulan apa yaaa. as always late post sih soalnya, jadi aja lupa. Yang pasti matahari masih bersinar cerah, namun angin sudah lebih terasa dingin gitu sih. Haha ih misterius gini yah kapan pergi kesananya 🙂

img_20161008_125609
Pintu masuk Madurodam

Apa sih Madurodam ini? Madurodam ini adalah salah satu tourist attraction yang terkenal di Belanda.  Madurodam ini adalah taman miniatur semua landmark terkenalnya Belanda. Jadi kalau misalnya kita mau mengunjungi Belanda dalam satu hari, ya ke Madurodam. Sebenarnya ini konsepnya mirip Taman Mini di Indonesia, namun Madurodam membuatnya dengan versi miniatur dan sangat detil.

Di mana sih Madurodam ini? Madurodam terletak di Scheveningen, Den Haag. Transportasi menuju Madurodam dari Den Haag Central Station sangatlah mudah. Dulu kami sekeluarga menggunakan trem no 59 yang tujuan Scheveningen Noorderstrand. Menunggu trem nya tepat di depan pintu keluar Den Haag Central Station. Dan tempat berhentinya namanya Madurodam. Berhenti dekat sekali dengan Madurodam, tinggal jalan dikiiiit banget, satu helaan napas lah hehe. Kita sih dulu menggunakan OV Chipkaart ya untuk membayar trem nya ini. Tapi di dalam trem disediakan mesin untuk membeli tiket, tanpa operator yah, dan tidak ada yang memeriksa loh. Jadi ya kesadaran sendiri. Harga tiketnya pp kalau tidak salah sih 4 euro ya.

Tiket masuk ke Madurodam kita beli melalui websitenya alias online  di sini yah. Lumayan mahal yah harganya kalau dengan harga normal. Dulu kita dapat harga sekitar 19 euro per orang kalau tidak salah. Tapi Madurodam ini sama halnya lah ya dengan berbagai tempat turis lainnya di Belanda, sering memberikan diskon berdasarkan season yah. Jadi kalau mau dapat tiket murah musti rajin cek and ricek websitenya.

Naaah sekarang mari kita masuk ke dalam nya. Kita cek yah fasilitas umum yang ada di dalamnya. Fasilitas umumnya OK! Toilet ada, bersih, dekat pintu masuk. Restoran ada. Rameee banget. Ada dua tempat yah restorannya. Kemudian ada tempat membeli oleh-oleh atau pernak pernik Madurodam.  Kemudian ada juga area playground berpasir. Cukup luas, ada krakerbahn nya juga, ala ala flying fox gitu. Kemudian di sisi kanan, ada tangga menuju ke atas, dekat restoran kedua, itu ada taman bermain juga dengan patung Ninjte yang cukup besar, dan ini tampaknya lebih untuk anak-anak di bawah 5 tahun yah.

Nah sekarang menuju ke miniaturnya, yang paling eye catching sih menurut saya adalah Erasmus Bridge, Amsterdam Schipol Airport dan tentu saja tempat tulisan Madurodamnya yah. Dan ternyata yah, area Madurodam ini tidak terlalu luas. Setengah hari selesai lah, seharian mah kelamaan. Miniaturnya buanyaaak banget. Hampir landmark di setiap kota ada ya di sini.

Selain itu yaaaa, ada juga seperti kita nonton film gitu, tapi kayak hidup lah filmnya. Awalnya kita penasaran aja, ada pintu masuk kayak ke ruangan gitu, apa sih ini? ternyata di dalamnya ada ruangan, dibuat dengan settingan kuno, isinya meja panjang dengan kursi kayu panjang, trus yang masuk pun dibatasi. Trus, ruangan ditutup, gelap gulita. Ina biasa deh mulai nangis. Huhuhu. Tetiba, dikaki kita kayak semiwring angin gitu dan di seluruh tembok, ya kayak di kaki kita juga, banyak tikus berlarian gitu. Waah tambah histeris aja Ina. Padahal mah itu tikus efek film aja. Bukan beneran. Well, karena dalam bahasa Belanda ya filmnya, jadi kita hanya menebak, itu tampaknya film sejarah perang di Belanda, tepatnya di kota Dordrecht. Haha gak asyik yaaa. Haha yang penting kita jadi tahu ada apa dibalik pintu itu.

Waktu kita kesini ini, pas banget deh cuacanya sejuk segar namun hangat matahari juga ada. Alhamdulillah menyenangkan. Anak-anak juga berlarian kesana kemari. Senang banget liyatnya. Oh dan trus mereka juga senang banget mengejar keretanya. Karena keretanya kan beneran jalan di rel yah mengelilingi Madurodam. Seru deh. Dan berikut beberapa foto pilihan!

And yes that was it. Alhamdullih, one fine sunny day in Madurodam. Late summer, 2016. Filed!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s