Ibu Arin, Resep Keluarga Rustanto

Bistik Daging

#postingan ini bagaikan hoax huhu karena tak ada fotonya. Kezeeel gak ketemu fotonyaaa. Ini sambil ubek-ubek. Tapi pengen posting resep, abis udah ngendon di draft lamaaa. Nyusul yaah fotonya#

#update: udah ada fotonya looooh, scroll ke bawah yaaaa :-*

Ini adalah masakan favorit saya waktu kecil. Dan juga masakan favorit mamah sewaktu beliau kecil. Dan sekarang, kedua unyils pun sukaaaa banget sama masakan ini. Jadi resepnya adalah resep warisan keluarga.

Masakan ini bercita rasa manis, dan sebenarnya bukan hanya untuk anak kecil dan balita sih, orang tua juga super suka tentunya, tinggal makannya dipadu padankan dengan sesuatu yang pedas.

Sewaktu saya kecil, saya sering melihat mamah membuat masakan ini. Masih jelas sekali dalam ingatan saya, bagaimana mamah mengiris-iris dagingnya, mengiris bawang merah tipis-tipis, menambahkan mentega dan meremas-remas dengan tangan. Harum bau daging, bawang merah dan mentega nya pun masih seperti tercium di ujung hidung saya.

Itulah ya, kenangan indah masa kecil itu sungguh ya terpatri di dalam hati. Ah kangen mamah deh, ibu peri kesayangan #langsungmelow hiks.

Β Langsung aja deh cusss ke resepnya.

Daging bistik ala Mamah Eyang Keluarga Rustanto πŸ™‚

Bahan:

  • 500 gr daging (saya sih gak terlalu pakem harus yang tanpa lemak ya, jadi bebas aja, sesuai stok di rumah), diiris-iris tipis dan kecil ya.
  • 100 gr mentega
  • 1 bawang bombai, belah dua, iris halus
  • 2 bawang merah (di Belanda bawang merahnya gede ya, jadi dua aja cukup, kalau mamah Β di Indonesia sih biasanya sekitar 6-8 ), iris tipis dan halus
  • 1 buah tomat, belah empat
  • 1 liter air

Bumbu:

  • 1 sdt garam
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt pala bubuk
  • 2 sdm saus tomat
  • 10 sdm kecap manis

Cara:

  1. Masukan daging dalam wajan/panci, tambahkan bawang bombay, bawang merah dan mentega. Remas-remas, sampai semua tercampur. Tutup dan diamkan 1 jam. Atau semalaman dalam kulkas juga oke.
  2. Masak daging, dengan api kecil. Tunggu sampai mentega meleleh dan daging berubah warna menjadi abu-abu.
  3. Masukan garam dan air. Masak hingga daging empuk dan air menyusut.
  4. Masukan tomat, gula, merica, pala, saus tomat dan kecap. Aduk rata. Masak lagi hingga terlihat seperti berkaramel, lengket, coklat. Koreksi rasa.
  5. Dan siap disajikan dengan nasi hangat. Yummy!

Easy peasy kan! Selamat mencoba!

————————————– UPDATED

Yeaaaay akhirnya bisa posting fotonya. Sebenarnya dua minggu ini juga masak daging ini, khusus buat anak-anak aja, porsi kecil. Cuma yah gituuu, diantara deru debu kerjaan rumah dan anak-anak yang sangat demanding ini, sulit sungguh suliiit terkadang untuk bisa memotret makanan dengan baik dan benar. Belum lagi, begitu abis matang udah langsung sigap haap haaap nyuapin, eh baru sadar harusnya difoto dulu sebelum disuapin.

Yah begitulah, rasanya cita-cita jadi food blogger masih jauuuh pisaaaan. Hiks. Hehe. Lebay.

Dan taraaaaa inilah fotonya. Ini saya masak dengan menggunakan hanya 250 gram daging ya.

wp-image-1731147640jpg.jpg

Advertisements

2 thoughts on “Bistik Daging”

    1. hahaha iya kan ya.. sungguh memang gak sah ya kalau gak ada fotonya .. kesyel banget >_<' kalau udah mau posting sesuatu, eh fotonya masih di henpon gitu misalnya..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s