Ibu Arin, Resep Keluarga Rustanto

Sempol Ayam Wortel

wp-image-602798345jpeg.jpg
Sempol Ayam Wortel

Kali ini saya membuat sempol dengan bumbu yang cukup serius. Haha kenapa dibilang serius, karena bukan pakai bumbu serba bubuk. Dulu saya sudah pernah buat ya sempol yang menggunakan bumbu hanya bawang putih bubuk saja, dan saya posting disini, dan ternyata rasanya tidak berbeda jauh. Hanya sempol serius ini lebih ada aroma bawang gorengnya, tapi dari rasa super miriiiiip. Gak akan ketahuan deh bumbu bubuk atau bumbu serius hehe.

Sempol kali ini menggunakan hanya bahan ayam dan wortel saja. Dan kalau baca-baca dari resep yang bergelimpangan di internet, biasanya ditambah irisan seledri juga ya. Saya mah lagi tidak punya seledri hehe jadi tidak pakai.

Adonan ini selain memang untuk membuat sempol, bisa juga untuk membuat bakso ayam, baik rebus atau goreng, kemudian apa ya namanya itu yang seperti di Hoka-Hoka Bento, jadi adonan ini digulung dengan menggunakan kulit lumpia, trus digoreng dan dipotong-potong, atau bisa juga kalau mau kulitnya menggunakan kulit kembang tahu, dan namanya berubah jadi hmm apa ya hekeng gitu.

Untuk saya, kali ini adonannya saya jadikan sempol dan bakso ayam. Sempolnya endut-endut sama kayak yang bikin hehehe, jadi delapan buah sempol. Dan untuk bakso ayam ukuran sedang, tadi jadi 27 buah.

Sempol ini asyik banget emang, buat jajanan atau cemilan oke, buat dijadiin lauk juga oke. Cihui lah pokoknya. Salah satu menu yang bisa distok. Jadi sesudah di rebus, bisa masuk freezer.

Dan berikut adalah resepnya.

Sempol ayam ala Keluarga Rustanto

Bahan:

  • 500 gr ayam fillet bagian dada
  • 4 buah wortel kecil
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur

Bumbu:

  • 1 bawang merah besar, iris kasar, goreng
  • 5 siung bawang putih, iris kasar, goreng
  • 1 1/2 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk

Cara:

  1. Masukan seluruh bahan dan bumbu ke dalam food processor. Proses hingga halus.
  2. Ambil segenggam adonan, dan lilitkan pada tusuk sate.
  3. Rebus/kukus hingga matang. Tiriskan.
  4. Gulingkan sempol pada kocokan telur, dan goreng hingga matang kecoklatan.

Selamat menikmati!

 

Advertisements

1 thought on “Sempol Ayam Wortel”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s