Ibu Arin, Life in Enschede

Pendidikan Jarak Jauh, Sekolah Indonesia Nederland (PJJSIN)

Setelah dua tahun malang melintang di dunia katering yang penuh drama dan sandiwara, akhirnya akhirnyaaaaa alhamdulillah saya diterima menjadi guru jarak jauh di Sekolah Indonesia Nederland. Saya diterima untuk mengajar kelas 3 dan 4 untuk semua mata pelajaran. Alhamdulillah! #langsung akrobat# eh bukannya sujud syukur yaaaa.. ^_^

Sebenarnya semuanya, dalam arti jalan hidup kita, itu sudah ditentukan oleh Sang Maha Kuasa. Everything happened for a reason. Walaupun doa dan ikhtiar harus tetap kita jalankan ya. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan dunia katering, saya pun menikmatinya. Saya bisa belajar memasak, belajar manajemen waktu, dan bahkan melalui usaha katering ini saya menemukan teman sejati, teman baik dan teman yaaang.. aaah sudahlah.. #banting panci! Haha. Eh loh loh ini kok malah jadi melenceng dari tema. Haha kembali lagi ah ke sekolah jarak jauh!

Update: hihi karena ini ngendon lama di draft selama 6 bulan lebiiiih, jadi yaaa saya sekarang ini udah mengajar seminggu 3 kali daaan buka katering lagi dooong hihihihi.

Yang pertama, induk dari sekolah jarak jauh ini adalah Sekolah Indonesia Nederland (SIN). SIN ini berlokasi di Den Haag. Jadi ini adalah sekolah resmi Pemerintah Indonesia yang ada di Belanda. Di SIN ini ada tingkatan SD, SMP dan SMA. Untuk tingkatan SMP dan SMA disediakan asramanya. Para murid yang bersekolah di sini tentu saja adalah murid Indonesia. Detail cerita mengenai SIN bisa klik di sini.

Afbeeldingsresultaat voor sekolah indonesia nederland
Image taken from Google

Nah Sekolah Jarak Jauh di SIN ini atau lumrahnya disebut  Pendidikan Jarak Jauh Sekolah Indonesia Den Haag dan disingkat PJJSIDH adalah bagian dari SIN. Diselenggarakan dan dikoordinasi sepenuhnya oleh pengurus SIN. Sekolah jarak jauh ini sementara hanya melayani untuk tingkatan primary school, jadi kalau di Indonesia setara dengan kelas 1 sampai dengan 6 SD ya. Kurikulum dan pelajaran yang diajarkan pun sesuai dengan kurikulum di Indonesia. Buku-buku pelajarannya juga sama persis dan tentu saja berbahasa Indonesia.

Untuk mendaftarkan anak untuk menjadi murid PJJSIDH ini cukup mudah dan dijelaskan dengan sangat gamblang pada websitenya, silahkan klik di sini.

Sesudah secara resmi bergabung menjadi murid PJJSIDH, para orang tua murid akan diundang bergabung dalam Group FB dengan nama PJJSIDH. Nah di dalam grup FB tersebut ada file dari berbagai buku mata pelajaran dari semua tingkatan kelas. Para orang tua murid dan guru pengajar jarak jauh wajib mengunduh file ini sesuai tingkatan kelasnya. Dalam grup ini para orang tua, para pengajar dan juga koordinator pengajar bisa dengan mudah saling berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Selain itu, dibuatkan juga grup FB untuk pengumpulan tugas pada masing-masing tingkatan kelas. 

Saya awalnya juga penasaran, siapa sih para murid PJJSIDH ini? Dan penasaran kenapa mereka mau mendaftar di sekolah jarak jauh ini?

Ternyata murid PJJSIDH  ini biasanya adalah anak dari diplomat yang sedang bertugas di luar negeri dan juga para anak dari orang tua yang sedang bersekolah  atau bekerja di luar negeri.

Murid saya di kelas 3, terdiri dari delapan anak. Empat anak di Belanda, dua anak di Perancis dan dua anak di Swiss. Sementara untuk kelas 4, terdiri dari 11 anak. Satu di Portugal, satu di Hungaria, satu di Finlandia, satu di Perancis, satu di Swiss dan enam di Belanda.

Salah satu orang tua dari anak murid tersebut adalah Duta Besar Indonesia loh! Alhamdulillah ya tapi bapak ibu nya walau pejabat tinggi begitu, sopan dan santun sekali. Kalau gak masuk ya ijin, PR dikerjakan dan dikumpulkan, selalu hadir juga anaknya. Anaknya pun santun sekali, sepertinya dia gak tahu kalau bapaknya itu Dubes deh hehe.

Nah trus kenapa bersekolah di SIN? 

Nah, dari yang saya baca dan juga mendengar langsung pernyataan dari beberapa orang tua murid yang saya kenal, dengan bersekolah di SIN jarak jauh ini, mereka mendapatkan rapor seperti umumnya sekolah, jadi ketika kembali lagi ke sekolah Indonesia, tidak perlu repot mengurus persamaan lagi. Sepertinya sih begitu.

Daaan sekolah SIN ini dan ya termasuk sekolah jarak jauhnya, sudah terakreditasi loooh, cek deh di website nya, kalau tidak salah akreditasinya A.

Pasti penasaran kan apa sih guru jarak jauh ini. Serius deh asyik banget jadi guru jarak jauh ini. Kita mengajar dengan sistem online. Menggunakan skype. Hah pakai skype? iyah saya juga dulu bingung waktu pertama kali. Hanya bisa mereka-reka, gimana sih mengajar online melalui skype itu. Bahannya dari mana? muridnya di mana? trus saya menjelaskannya gimana? Ada PR gak? Sistem penilaiannya? Yuuks mari kita telaah lebih jauh apa sih guru jarak jauh ini di postingan selanjutnya yaaa.

 

Advertisements

5 thoughts on “Pendidikan Jarak Jauh, Sekolah Indonesia Nederland (PJJSIN)”

  1. Halo salam kenal bun jika ingin mendaftarkan anak di SIN gimana caranya. Insyallah agustus sekeluarga ke enschede. Mohon infonya ya bun. Makasih.

    Like

    1. Halo mbak Fitri, salam kenal 🙂 maaf baru balas.. waah ke enschede yaaa.. salam cinta buat enschede yaaa.. kalau untuk mendaftarkan anak ke SIN bisa kirim email ke pjjsin@yahoo.com ditujukan ke Ibu Dessy Nataliani Sumarno, beliau adalah koordinator PJJ SIN 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s