Life in Enschede, The moments

Ketika sekolah punya tema

Rata-rata sekolah di sini di Belanda,  selalu mempunyai tema yang berbeda dalam setiap dua minggu sekali. Dan setiap tema itu seriuuus banget dekorasinya dan prakteknya. Jadi dekorasi kelas itu selalu sesuai dengan temanya. Para orang tua murid mendapat pemberitahuan mengenai tema ini melalui email grup dan juga whatsapp grup per tingkatan kelas.

Saya selalu ikut senang dan heboh kalau Ina dan Farza cerita mengenai tema sekolah mereka. Seruuuu bangets.

Misal pada suatu hari temanya mengenai restoran. Jadi beneran itu ruang kelas dan lorong sekolah berubah jadi restoran. Dan mereka juga bermain peran. Jadi koki, jadi kasir nya, jadi pelayannya dan jadi pembeli. Daan semua itu dibekali dengan informasi bagaimana berkata, bersikap dan berperilaku yang sopan dalam setiap peran itu. Dan ada sesi spesialnya. Misalnya mereka beneran memasak kentang goreng. Mereka boleh pegang pisau (dengan diawasi gurunya tentu saja), mereka diajak ke dapur, dan melihat bagaimana menggoreng kentang. Seruuu kan.

Pernah juga temanya adalah mengenai jual beli di pasar. Jadi tetiba lorong sekolahan, dipenuhi dengan stall jualan. Ada sayuran, buah, roti dan macam-macamlah. Trus mereka ya biasa bermain peran, jadi penjual, pembeli. Bagaimana memilih buah dan sayur. Mengenal jenis-jenis roti. Daaaan yang paling seru, mereka rombongan sama gurunya pergi ke open markt di city center, trus belanja langsuuuung doooong haha. Gemeeesssh. Ina bilang mereka beli buah, sayur dan kibling. Trus mereka makan kibling bersama. Kibling itu ikan goreng tepung ala ala Belanda, biasanya dimakan dengan saus mayonaise. Senaaaaang!

Yang beberapa minggu lalu dong, temanya adalah kleding. alias baju. Jadi mereka belajar mengenai berbagai jenis baju. Dari mulai baju pesta, baju pergi, baju resmi, baju tidur dan segala motif kain gitu. Dan juga baju yang tepat untuk setiap musimnya. Truuuus mereka pergi kemana coba, ke PRIMARK! Gustiiii asyiiik banget. Mereka belajar langsung diperlihatkan baju untuk anak-anak, baju dewasa dan bagaimana cara memilih dan membeli baju. Ya ampun itu Ina geger bangeeeeets pulang sekolah. Senang banget dia main ke Primark.

IMG_20161109_143048

Yang bertema khusus roti juga pernah, jadi mengenal berbagai jenis roti dan keju kalau gak salah. Daaan mereka bikin roti beneran. Trus pergi ke bakerij gitu. Tentang pos juga pernah, jadi rame-rame mereka ngeposin surat ke kotak pos di city center. Seru yah. Ibunya juga ikut senang dan bahagia dengar cerita mereka sepulang sekolah.

IMG_20170301_145758

Selalu ada tema setiap minggunya. Jadi seru. Dan dekorasi kelas itu berubah terus. Terkadang temanya juga seasonal. Misal memasuki musim gugur ya temanya tentang segala jenis jejamuran yang banyak saat musim gugur, atau bagaimana berkreasi dengan dedaunan indah warna warni musim gugur itu. Masuk musim dingin, temanya ya tentang salju, berpakaian yang hangat itu bagaimana, perlengkapannya apa. Musim panas, musim semi juga ada temanya.

Nah yang minggu kemarin itu temanya adalah bagaimana berlalu lintas yang baik. Kalau untuk anak-anak ini, bagaimana memahami rambu lalu lintas yang paling sederhana lah, menyebrang jalan bagaimana. Trus kalau jalan kaki atau naik sepeda jalurnya dimana. Dan mereka serius jalan kaki dari sekolah lewat bunderan gitu trus menuju city center.

Daaaaaan minggu ini temanya transportasi, yaitu sepeda, mobil, bis dan KERETA! Ina senang banget. Dia udah yakin kalau dalam minggu ini dia bakal naik kereta sama temen-temen sekolahnya, paling gak ke kota terdekat dari Enschede, misal Hengelo gitu. Trus saya bilang, ya belum tentu juga, bisa aja cuma main ke central station aja. Eeeeeh tapi bener dong hari ini pulang sekolah, ada suratnyaaaa.. uhuuuuy besok mereka rombongan berangkat jalan kaki dari sekolah jam 8.45 menuju central station dan naik kereta ke Hengelo. Wahahahaha what a dream come true kata Ina. hehehe. (Suratnya gambar yang paling bawah).

Alhamdulillah, sejauh ini saya merasa cocok dengan sekolah anak saya. Sekolah ini reguler Belanda, berbahasa Belanda, dengan kurikulum nasional Belanda, namun berbasis islam. Jadi awalnya kenapa saya memilih sekolah ini, ya karena ada dasar islam nya itu. Jadi mereka ada pelajaran agama islam nya. Dan kalau sudah besar, sepertinya mulai di group 4, mereka ada solat berjamaah, umumnya saat solat duhur.

Alhamdulillah. Semoga mereka berdua selalu berada dalam lindungan Allah SWT dimanapun mereka berada saat jauh ataupun dekat dengan Ibu Bapak. (selalu dan selalu punya kekhawatiran saat mereka gak di dekat kita, walau itu di sekolah.. hiks)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s