Jalan-jalan, The moments

Suatu hari di Amsterdam

IMG_20170326_182917

Ini adalah trip kita di bulan Maret lalu. Kita mau ketemuan sama teman kuliah saya dulu yang sedang berkunjung bersama suaminya ke Walanda, daaaan mereka bawain titipan saya, yaitu kerudung, teh tarik, milo dan dancow buat anak-anak! Alhamdulillah ^_*.

Dari Enschede kita cuss ke Schipol naik kereta. Dan karena teman saya, mendaratnya pagi pisan yaitu jam 6 pagi, kita udah gak keburu dong ketemuan di Schipol, atuhlah Enschede-Schipol itu 2.5 jam sajaaaa.. dan karena kita tentu saja bawa unyils, susah kalau mau diminta bangun pagi bangeets gitu.. haha alasan, padahal ibu nya juga suka kebluk kalau bangun hehe. Dan itu adalah hari minggu, bis di Enschede baru ada di atas jam 8. Jadi ya sudah kita naik kereta yang jam 10.46 atau 11.46 gitu.

Sampai Schipol kita santai dulu, buka bekal, ke toilet. Trus beli one day ticket untuk keliling amsterdam. Ini tiket asyik deh, bisa lihat di sini untuk detilnya. Jadi ini tiket bisa kemana aja seputaran Amsterdam, berlaku seharian, tidak berlaku untuk kereta (jadi hanya bis dan trem), harga 7.5 euro untuk dewasa dan 2.5 euro untuk anak-anak. Penggunaanya persis seperti OV Chipkaart, kita harus check in dan check out. Simpel deh!

IMG_20170326_134140
buka bekal dan emam es krim dulu di Schipol
IMG_20170327_111110
one day ticket

Di Schipol dapat kabar dari teman saya, kalau mereka masih di Volendam. Jadi sudahlah kita mau solat dulu. Trus kata suami, kita solat ke Mesjid Indonesia aja yuuuk. Namanya Eromuslim, dan lokasinya di sini. Ternyata lumayan jauh juga dari Schipol. Alhamdulillah pas lagi antri bis, kita ketemu seorang ibu dari Indonesia, yang ternyata juga lagi mau solat ke mesjid Eromuslim. Dan beliau sudah puluhan tahun tinggal di Amsterdam. Alhamdulillah. Jadi kita ngintil aja lah ama ibu nya hehe. Duh lupa pula namanya siapa. Kita naik bis, agak jauh  gitu. Trus turun, ganti trem no 17. Dan tinggal jalan kaki sedikit ke mesjidnya.

Dari luar tidak tampak seperti mesjid sih. Lebih seperti apartemen biasa. Tapiiii begitu kita buka pintunya.. jeng jreeeeng.. rameeee dan luaaaaas bangeeet. Nah kebetulan hari itu adalah hari minggu siang, dan mesjidnya ruaaameeeee bangeeet, karena banyak anak-anak yang sedang TPQ. Dan tidak hanya anak-anak dari warga Indonesia saja sih.

Seru deh mesjidnya. Ada jualannya segala, dari yang bisa saya amati, ada gula jawa, kerupuk dan snack Indonesia. Katanya di dapurnya juga jualan makan siang sebenarnya. Duh sayang kita gak sempat foto sama sekali di mesjid ini. Riweuuuuh ruameeee.

Pas saya sudah selesai solat, dan pamitan sama ibu yang tadi mengantar kita, saat saya menuju tempat jaket, ada yang menyapa saya.

  • :Ibu, maaf, ibu Arin bukan?
  • :Iya bu, saya Arin bu. Ibu?
  • :Saya, ibunya A bu, murid ibu. Saya tadi sekilas dengar suara ibu. Dan saya kenal suara ibu kalau sedang mengajar ^_^

Hehehehehehehe.. ternyata ada murid PJJ SIN yang juga TPQ di sini. Memang A ini tinggalnya di Amsterdam.

OOOOh ternyata suara saya dikenaliiiiiii ^_*. tes tes tes 1 2 3 tes tes tes .. #kibasmikrofon

Naaah selesai dari solat ini, pas kita mau naik trem lagi, eeeh eeeh di samping gedungnya ada kermis dong. Eaaaaa. Ya tentu saja duo unyils ini keukeuh minta naik kereta ulet. Well well baiklaaaah.

Sesudahnya, kita naik tram yang no 17 lagi untuk menuju ke Amsterdam Centraal. Karena kita janjian sama teman saya untuk canal cruise, dan teman saya sudah beli tiketnya sejak di Indonesia, padahal sih kita bisa gampang banget beli di tempat. Dan karena mereka sudah beli dari Indo, maka kita harus ikut beli tiket di tempat yang sama.

Ternyata yaaah, naik tram nya lamaa, jauuuh, penuuuh.. dan adek pun lemaaas. Mulai mabok. Pusing dan mual. Ngenes banget lah  pokoknya. Begitu sampai di Amsterdam Centraal langsung menuju gerai Kios K beli teh hangat, dan ke gerai Smullers beli patat. Trus duduk santai dulu. Dan berkabaran sama teman, kalau kita habis selesai makan langsung mau cusss ke tempat canal cruise nya.

Selesai makan, kita naik tram lagi untuk menuju ke Blue Boat Company. Beuuh sempat kena omel lah ama PakUban, gegara keburu-buru cek musti naik tram no berapa, dan walhasil salah naik tram. Huhu. Trus PakUban lah yang cek lagi musti naik tram no berapa. Sampailah kita di lokasi. Dan masih musti jalan dulu. Dan teman saya beserta suaminya sudah menunggu.

Seruuuu! Ketemu teman lama yang sudah 15 tahun lebih gak ketemu. Plus dapat teh tarik, milo, dancow dan juga gudeg kalengan oh dan kerudung! Harta Karun maaak!

Canal cruise nya asooiii banget. Suhu memang dingin sejuk sekitar 12 derajat pada hari itu, tapi matahari ceraaah banget, langit biruuuuu. Jadi maksimal banget canal cruisenya. Jadi kita bisa keluar dari kapal, dan santai duduk di belakang. Suka banget!

Selesai canal cruise, kita naik tram ke Rijksmuseum. Hihi pepotoan dooong di IAmsterdam itu. Ah tapi susah fotonya, penuuuh orang. Ya sudahlah. Jadi kita duduk-duduk santai dekat kolamnya. Anak-anak mainan sama PakUban di playground yang gak jauh dari situ.

Dan karena sudah mulai malam, dan kita harus kembali ke Enschede, 2.5 jaaam cyiiin. Dan besok anak-anak sekolah. Jadi gak boleh kemaleman. Jadiiii kita pulang dulu yaaaa ke desa Enschede tercintah

❤❤Alhamdulillah hari ini sangat-sangat menyenangkan ❤❤

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s