Resep Keluarga Rustanto, The moments

Bubur ayam

IMG_20170430_103839

Berminggu-minggu ini selalu dan selalu kepikiran tentang bubur ayam. Pengennya sih tinggal manggil.. maaang bubur maaaang. Atau ngeeeng naik motor ama PakUban berduaan ke bubur ayam pengkolan. Tapi itu semua hanya mimpi.

Akhirnya dengan mengerahkan segala energi positif, kemauan dan keterpaksaan, maka hari kemarin saya berhasil membuat bubur ayam untuk pertama kalinya. Jadi alhamdulillah tadi pagi kita sekeluarga bisa sarapan bubur ayam. PakUban heboh banget makannya, nambah 2 kali cyiiiiiin yang artinya makan 3 mangkok. Hihi.

Apa? dari kemarin? Iya looooh bikinnya sejak kemarin malam. Jadi yang saya lakukan sejak kemarin adalah,

  1. Merebus ayam untuk diambil kaldunya.
  2. Mengungkep ayam dengan bumbu kuning. Dan airnya dijadikan kuah bubur nya. Bumbunya ayam ungkep komplit: bawang merah, bawang putih, kemiri sedikit, jahe, ketumbar, kunyit, lengkuas, serai dan daun jeruk.
  3. Mengungkep ati ayam. Bumbunya hanya, bawang putih, kemiri dan ketumbar.
  4. Membuat adonan cakue untuk kemudian disimpan dulu di kulkas. Ini resepnya googling dari Cookpad.

IMG_20170430_103337

Dan pagi tadi saya tinggal membuat bubur nya, menyiapkan sambal, daun bawang iris, seledri iris, menggoreng ayam, menggoreng ati ayam dan cakue.

Resep bubur nya saya tidak menggunakan takaran. Hehe pede yah. Tips yang saya pegang adalah dari blog nya mbak diah didi yaitu masak dengan api kecil, dan kalau ternyata airnya kurang tambahkan air panas secukupnya. Dan it works! 

Sungguh lelah membuat bubur ayam ini. Tapi terbayarkan dengan bisa makan bubur ayam tadi pagi. Alhamdulillah.

Advertisements

2 thoughts on “Bubur ayam”

    1. wahahah kempeeessss tapi udahannya.. udahlah sekali aja deh bikin bubur ayam.. lelahnya lahir batin.. segitu dicicil dari malem aja, baru bisa kita nikmati jam 10.30 siaaang haha

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s