Resep Keluarga Rustanto

Leker ala ala

Leker! Konon namanya berasal dari bahasa Belanda yang artinya enak. Dan jajanan ini emang enak. Sederhana banget. Tapi ngangenin. Kemarin sore nonton di instagram sama Ina tentang pembuatan jajanan ini. Langsung geger minta dibikinin.

Cari-cari resep di internet, ternyata bahannya juga sederhana, dan pas lagi punya semua, kecuali baking powder. Skip aja lah 😂.

Inspirasinya saya ambil dari blog nya sashylittlekitchen. Namun takarannya saya gak pakai ukuran serius hehe, abis timbangan dan sendok ukurnya masih entah di kardus yang mana 😜.

Dan leker buatan saya ini kurang kriuk tengahnya, cuma pinggirannya aja yang kriuk kriuk. Ini jadinya lebih kayak pancake tapi tipiiisss. Dan hanya diisi susu kental manis coklat saja, sesuai permintaan kakak Ina.

Dan ini adalah resepnya.

Leker ala Keluarga Rustanto

Bahan:

  • 100 gr tepung beras (saya takar kira-kira dari 1/2 plastik kemasan tepung beras 200 gr)
  • 1 sdm tepung kanji
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sachet susu dancow (27 gr)
  • 1 butir telur
  • 1 sdm mentega
  • 1 mug air hangat

Cara:

  1. Campur air hangat, susu dancow, mentega dan telur. Kocok perlahan sampai mentega meleleh dan tercampur rata.
  2. Campur dalam wadah semua bahan kering, aduk rata. Tambakan campuran susu hangat. Aduk sampai halus.
  3. Siapkan wajan teflon (saya pakai ukuran diameter 18cm) dengan api sedang.
  4. Tuang adonan sebanyak 1 sendok sayur. Tunggu hingga pinggiran kering, tuang isiannya, dan lipat jadi dua, kemudian lipat lagi menjadi bentuk segitiga.

Sipirili banget! Easy peasy! Bisa dikreasikan sesuai selera ya isiannya. Dimakan sama es krim juga cihui.

Selamat mencoba!

Advertisements
Ibu Arin, Resep Keluarga Rustanto

Lumpia pisang coklat

Ini adalah jajanan favorit yang lagi hits di rumah. Daaan selalu minta dijadikan bekal kalau kita bepergian. Biasanya saya selalu bikin pisang bolen coklat. Jadi kulitnya adalah kulit pastry, diisi mentega, selai coklat (atau meises), mentega dan taburan gula pasir, trus panggang! Gampang banget, kulit pastry di sini mah tinggal beli. Murah banged pula.

Nah, pada suatu hari, saya kehabisan kulit pastry, dan karena lagi adanya kulit lumpia, ya udah kulitnya ganti aja ama kulit lumpia (ya tentu saja juga beli jadi haha). Dan kalau pakai kulit lumpia jadinya di goreng. Wealaaaah ternyata Ina Farza malah sukaaaa bangeetsssss. Soalnya ya karena isiannya itu mentega, selai coklat banyak (atau meises) dan taburan gula, jadi maniiiis banget, dan meleleh gitu pas digigit.

wp-image-1499883412jpg.jpg

Dan saya selalu pakai pisang buah yang maniiis, yang udah item empuk gitu kulitnya. Bukan pisang gede yang buat kolak yang sering ada di toko turki atau asia itu, bukan. Udah pernah coba, gak enak kalau pakai pisang yang kayak buat kolak itu. Keras dan gak manis.

Dan karena pernah menyuguhi beberapa teman yang main ke rumah, sampai ada yang lagi hamil juga selalu minta pesan ini, bebas lah katanya mau pakai kulit lumpia atau kulit pastry.. pokoknya isinya pisang coklat dan melelehhhh.. aiiih alhamdulillah jadi ada pesanan hehehe. Dan bahkan para pasukan katering sering banget minta lumpia coklat ini untuk dijadikan snack, dan sering pesan lepasan juga untuk lumpia ini.