Ibu Arin, Resep Keluarga Rustanto

Balado ikan salem

Akhirnya dapur alisha ngebul lagiiiii hihihi. Kali ini masakan rumahan yang sederhana. Balado ikan salem. Masakan ini sederhana, tapi yaaa kalau makan sama lauk ini pakai nasi hangat dan kerupuk acir putih, waaaah bisa nambah teruuusss.

Sebenarnya saya baru tahu kalau ini namanya ikan salem, selama ini tahunya namanya ikan cuek. Ternyata kata tukang sayurnya beda, kalau yang dalam bentuk potongan daging begini namanya salem, kalau yang kecil-kecil utuh namanya ikan cuek. Saya suka sih keduanya. 

Nah masakan ini saya tahu dari para embaknya anak-anak. Dulu saya sama sekali tidak pernah masak, hanya masakan MPASI buat anak-anak aja.. nah suatu hari embaknya menyuguhkan menu ini, omooooo enak bangeeet.. 

Resepnya juga sederhana sekali, pedas tidaknya tergantung selera masing-masing ya. Punya saya tidak terlalu pedas, karena ada anak unyil yang doyan juga 😂

Langsung aja lah cus ke resepnya.

Balado ikan salem ala Keluarga Rustanto

Bahan:

  • 2 keranjang ikan salem
  • 1 gelas air

Bumbu dihaluskan:

  • 10 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 10 cabai keriting
  • 1 buah tomat
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir

Cara:

  1. Goreng ikan salem sampai kering, suwir-suwir.
  2.  Tumis bumbu halus sampai wangi. Tambahkan garam dan gula. Masukan segelas air. Masak bumbu sampai mendidih. Koreksi rasa.
  3. Masukan ikan salem suwir. Aduk rata. Masak hingga kuah menyusut.

Siap disajikan dengan nasi hangat dan kerupuk acir!

Advertisements
Ibu Arin, Resep Keluarga Rustanto

Ayam krispi!

 

 

wp-image-1836515946jpg.jpg
Ayam goreng krispi kriuk kriuuuk

Ayam goreng krispi ini lagi hits di rumah dua minggu yang lalu. Hampir setiap hari dua unyils ini maunya makan ayam krispi terus dan teruuuuus. Dulu kayaknya udah pernah posting ya tentang ayam krispi, tapi menggunakan ayam fillet yah,  Ayam fillet goreng krispi.

Nah, kali ini saya menggunakan ayam potongan dan resep kriuk yang sedikit berbeda. Resep ini saya dapatkan dari teman saya di Utrecth. Terima kasih Mbak Eha! Resepnya sederhana, tapi pas kriuknya, yaitu hanya dengan menambahkan 1 sendok makan tepung beras pada bumbu rendaman.

Karena kali ini menggunakan ayam potong, ada satu tips yang saya pernah tonton di channel Kokiku TV yaitu, ayamnya dipanggang lagi setelah digoreng. Kenapa harus dipanggang lagi? karena terkadang, ayam potong yang tidak diungkep dulu, masih ada bagian dalamnya yang kurang matang. Tentu saja bisa disiasati dengan menggoreng menggunakan api kecil di awal dan minyak banyak.

Namun ternyata beberapa kali membuat ayam ini, saya menemukan ada beberapa ayam yang bagian dalamnya kurang matang.. jadi oleh karenanya hati saya lebih sreg kalau di panggang juga.

Naah untuk saya, saya memanggangnya justru sebelum digoreng yaaa. Jadi sesudah direndam dengan segala bumbu rendamnya. Panggang dulu selama ± 30 menit dengan menggunakan suhu 180 ºC di api bawah saja. 

Yuuuk cusss ah ke resepnyaaa.

Resep Ayam Goreng Krispi Kriuk ala Keluarga Rustanto

Bahan:

1 kg ayam paha kecil (duh apa ya istilahnya)

Bumbu perendam:

  • ±150 ml susu cair (saya pakai UHT tanpa rasa)
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm bawang putih bubuk
  • 1 sdm paprika bubuk
  • 1 sdt merica
  • 1 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung terigu

Bumbu tepung kering:

  • 250 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt paprika bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk

Cara:

  1. Rendam ayam dengan bahan perendam, minimal 2 jam.
  2. Panggang ayam selama ± 30 menit dengan menggunakan suhu 180 ºC di api bawah saja.
  3. Dinginkan sekitar 30 menit.
  4. Masukan ke dalam bumbu perendam lagi satu persatu, gulingkan di tepung kering, bumbu perendam lagi, tepung kering lagi, tepuk-tepuk dan cubit-cubit, dan sreeeeng goreeeng di minyak banyak dengan api sedang.

 

wp-image-306502887jpg.jpg

 

Siap disajikan! Alhamdulillah yummy!

Nah untuk adonan perendamnya, ternyata cepat habiiis, tergantung besaran ayam yaaa.. ternyata kalau pakai ayam dengan potongan lebih besar jadi cepat habis saat mulai digulingkan bolak balik ke adonan perendam dan tepung kering. 

 

Resep Keluarga Rustanto

Ayam panggang pedas oles madu

Ayam panggang! Yes pakuban mau dieeeet, jadi minta dibuatkan menu yang tidak digoreng. Pilihan pertama jatuh ke ayam panggang. Dan tentu saja ayam panggang pedas!

Tapi malas ngoprek resep di internet. Jadi yaaah ngarang aja deh hehe. Alhamdulillah enak. Dasarnya adalah bumbu ayam panggang kecap resep dari Eyang Uti kesayangan. Tapi ini ditambahin cabe, serai, dan tentu saja madu.

Pakuban sukaaaaak bangeeet. Malah makannya jadi banyak.. Nambah ajaaaa.. Dan foto berikut adalah penampakan sebelum dipanggang 😋

Dan berikut adalah resepnya:

Ayam Panggang Pedas Madu ala Keluarga Rustanto

Bahan:

  • 1kg ayam (saya pakai paha)
  • 500 ml air

Bumbu halus:

  • 8 kemiri
  • 5 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 4 cabe merah besar
  • 4 cabe merah rawit
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm merica

Bumbu tambahan:

  • 2 serai, geprek
  • 2 sdm gula pasir
  • 8 sdm kecap manis
  • 3 sdm madu
  • 2 sdm air jeruk nipis

Cara:

  1. Rebus ayam dengan air dan bumbu halus, serai dan daun jeruk. Masak hingga mendidih.
  2. Masukan kecap dan gula pasir. Masak sampai air hampir menyusut.
  3. Masukan madu dan air jeruk nipis. Aduk rata.
  4. Matikan api. Diamkan 1 jam.
  5. Panggang di dalam oven dengan suhu 180 ºC dengan api atas dan bawah. Kurang lebih 20 menit. Di cek yaaa.. beda oven beda suhu dan beda hasil 🙂

Siap dinikmati dengan nasi hangat! dan tentu saja lalapan! Jadi tidak perlu sambal lagi kalau buat saya, karena udah pedaaas!

Ibu Arin, Resep Keluarga Rustanto

Ayam Goreng Bumbu Kelapa

Yes ayam goreng! all time favourite. Masakan paling umum di Indonesia yah. The kunyils juga suka. Tapi bedanya adalah, kalau Farza sangat suka kulit dan tulang mudanya, sementara Ina hanya mau dagingnya saja, jangan sampai kena kulitnya, pasti dilepeh, jadi suka bikin Ibu kezeeel.

Selain ayam goreng biasa, mereka juga suka ayam goreng ala ala KFC gitu, daaan tentu saja ayam goreng kelapa kreasi Ibu doooong. Ayam goreng bumbu kelapa ini sebenarnya ayam ungkep bumbu komplit, ditambahi air kelapa dan parutan kelapa. Jadi rasanya gurih kriuk tapi ada secercah manis dari air kelapanya.

 

wp-image-1852640124jpg.jpg

 

Iya ya penampakan memang kurang cantik yah, hiks amatir fotonya. Tapi insya allah rasanya yummy!  Yuuuk ah cusss ke resepnya.

Ayam Goreng Bumbu Kelapa ala Keluarga Rustanto

Bahan:

  • 1 ekor ayam utuh, potong sesuai selera
  • 500 ml air kelapa (saya beli air kelapa merk kalengan di toko asia)
  • 250 ml air biasa

Bumbu dihaluskan:

  • 1 bawang merah (setara 4-5 bawang merah kecil Indonesia ya)
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir kemir
  • 1 ruas jahe
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1 1/2 sdm garam

Bumbu tambahan:

  • 100 gr kelapa parut kering (kalau disini dalam kemasan kering, ada di toko asia)
  • 1 ruas laos, geprek
  • 1 buah serai, geprek
  • 3 daun jeruk
  • 1 daun salam

Cara:

  1. Masukan ayam ke dalam panci. Tambahkan air kelapa, air biasa, bumbu halus dan bumbu tambahan. Aduk rata.
  2. Masak sampai air menyusut. Masukan kelapa parut kering.
  3. Masak lagi sebentar. Matikan api.
  4. Goreng ayam dalam minyak panas dan banyak.
  5. Siap disajikan dengan nasi hangat. Tambah lalapan dan sambal makin cihuuuy.

Selamat mencoba!